Kerusakan
pada motor anda pasti bermacam-macam varian penyebabnya, baik dari faktor
external motor (alam dan sekitar) maupun dari internal (dalam motor) itu
sendiri. Yang pasti kita harus selalu jeli mengetahui dan rajin merawat dan
perbaikan jika ada kesempatan. Karena kerusakan kecil yang jika dibiarkan dapat berakibat fatal. Untuk info lebih lengkap bisa kita lihat
bahasannya di bawah ini bersama.
Beberapa indikasi yang dapat digunakan untuk memprediksi kerusakan pada motor:
1.
Mesin mendadak mati ketika dikendarai dijalan
Businya
mati atau businya kotor
Platina
tidak bekerja dengan sempurna atau sama sekali tidak bekerja akibat
dari
baut platina longgar
Kabel
pengapian lepas/longgar
Bensin
tidak turun pada karburator
Jet
utama dan jet langsam pada karburator tersumbat
Torak
macet didalam lubang silinder akibat overheating
2.
Pemakaian bahan bakar boros
Tersumbatnya
saringan udara dibagian belakang karburator
Banyaknya
karbon pada ruang bakar. Karbon ini terbentuk akibat terbakarnya
oli
pelumasyang mengeras berupa arang yang menempel pada puncak torak
dari
ruang bakar
Sistem
pemakaian yang kurang tepat
Kompresinya
rendah
Kerusakan
yang terjadi yaitu torak. Cincin torak dan lubang silinder
3.
Akselerasi mesein kurang sempurna
Saluran-saluran
atau lobang-lubang didalam karburatornya kotor
Businya
tidak menyala secara konstan yang disebabkan kotor.
(kerenggangan
busi terlalu rapat)
Gas
sisa pembakaran tidak dapat keluar secara lancar dari knalpot
Saringan
udara yang tersumbat akan mempengaruhi komposisi bensin
dan
udara sehingga campuraterlallu kaya
Waktu
pegapian yang kurang tepat, terlau cepat menyala atau terlalu
lambat
menyala
4.
Tenaga dari mesin hilang
Bos
katup terlalu sempit lubangnya, sehingga katup menjadi tidak lancar
untuk
bekerja
Pegas
katupnya lemah atau patah, perbaikannya harus ganti yang baru
Waktu
pembukaan dan penutupan katup tidak tepat. Hal ini berarti poros
hubungan
(noken as)
harus
di stel kembali pada posisi top
Terjadi
kebocoran kompresi akibat rusaknya paking kepala silinder
Torak,
cicncin torak, dan lubang silindernya usang
Tempat
kedudukan businya rusak, hal ini berarti harus dibuat alur dudukan
busi
yang baru
5.
Keluar asap putih dari knalpot
Torak,
cincin torak dan lubang silinder aus/rusak
Terlalu
banyak mengisi oli pelumas
Tekanan
pompa oli terlalu tinggi
Penggunaan
mutu oli yang kurang baik
6.
Mesin hidupnya tersendat-sendat setelah dipanaskan
Busi
yang kadang kala mengeluarkan api kadangkala tidak
Koil
pengapiannya rusak
Penyetelan
plampung kurang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Bagaimana pedapat anda?